5 Cara Sederhana Menggali Potensi Anak - Expertise.id
5 Cara Sederhana Menggali Potensi Anak

04 Mei 2020   pengembangan diri

5 Cara Sederhana Menggali Potensi Anak

Menggali potensi anak –  Potensi yang dimiliki seseorang merupakan anugerah yang telah di berikan oleh Tuhan kepada dirinya. Untuk mengetahui potensi yang terdapat di dalam diri seseorang maka tugas Anda adalah menggali potensi tersebut, agar potensi itu dapat menjadi peluang Anda menuju kesuksesan.

menggali-potensi-anak

Setiap orang tua pastinya ingin yang terbaik untuk anaknya. Termasuk dalam hal perkembangan potensi yang dimiliki anak. Tetapi, masih banyak orang tua yang tidak mengetahui dan memahami setiap potensi yang dimiliki oleh seorang anak.

Untuk itu, sebagai orang tua Anda perlu membantu serta mendampingi anak dalam masa perkembangan potensi yang ada di dalam diri si anak. Tak jarang pula orang tua sendiri tidak mengerti bagaimana cara menggali potensi terpendam yang ada didalam diri seorang anak. Akibatnya anak hanya akan tumbuh menjadi seseorang yang biasa-biasa saja.

Inilah 5 cara yang dapat Anda lakukan sebagai orang tua dalam menggali potensi anak, antara lain:

Memberikan stimulasi yang beragam

Orang tua harus bisa memberikan stimulasi yang beragam untuk anaknya. Dengan stimulasi yang beragam tersebut dapat memberikan kesempatan kepada anak, agar anak mampu mengembangkan dan mengekspresikan potensi yang terdapat didirinya.

Tak lupa pula peran orang orang tua yang mendampingi serta memberikan semangat kepada anaknya agar si anak lebih semangat dan memiliki percaya diri yang lebih.

Orang tua berperan sebagai pembantu

Mengapa peran orang tua sebagai pembantu? Yahh.. peran orang tua adalah sebagai pembantu bagi anaknya, karena di usia dini orang tua lah yang berperan penting dalam mendidik anaknya, termasuk dalam mengetahui dan mengembangkan potensi yang ada di dalam diri anak.

Bimbing dan tuntununlah anak Anda untuk menggali, menemukan dan menumbuhkan potensi yang tertanam didalam dirinya.

Jangan hanya menilai dari hasilnya saja

Kebanyakan dari orang tua hanya terlalu berorientasi dengan hasil dan terlalu berambisi dengan apa yang telah di dapat anaknya saja, tanpa menghargai proses anak bisa melakukan hal tersebut. Ketekunan dan usaha yang telah di lakukan anak yang harusnya di apresiasi agar anak lebih semangat serta bersungguh-sungguh yang akan semakin membuka peluang bagi anak untuk mengembangkan potensi yang ada di dalam dirinya.

Pahami gaya belajar anak

5-cara-sederhana-menggali-potensi-anak

Bukan hanya anak tetapi ini juga berlaku bagi segala usia. Gaya belajar seseorang dapat terbagi menjadi 3 yaitu :

Visual adalah cara seseorang memahami sesuatu hal yang fokus pada penglihatan. Misalnya dengan menggunakan warna dan garis-garis yang membuat tipe visual lebih mengerti tentang materi yang disampaikan.

Auditori adalah cara seseorang mengandalkan pendengaran untuk memahami informasi dan pengetahuan. Misalnya seorang anak akan lebih mudah mengerti jika mendengarkan orang tuanya berbicara dengan jelas. Tipe auditori biasanya paling peka dan mudah hafal dengan apa yang didengarnya.

Kinestetik, biasanya seseorang yang memiliki tipe kinestetik tidak bisa berdiam diri berlama-lama. Dia akan cepat bosan jika cara berlajarnya hanya berdiam diri saja. Kinestetik sangat menyenangi gaya belajar yang menggunakan banyak gerakan. Kinestetik lebih menyukai praktik daripada teori.

Nahh, orang tua memegang peran yang sangat penting bagi kemajuan seorang anak. Maka dari itu, Anda bisa melakukan 5 cara di atas agar bisa membantu Anda untuk menggali potensi yang dimiliki anak Anda, sehingga potensi tersebut dapat di kembangkan dan di ekspresikan dengan baik dan benar.