6 Cara Negosiasi Yang Baik - Expertise.id
6 Cara Negosiasi Yang Baik

07 Maret 2020   pengembangan diri

6 Cara Negosiasi Yang Baik

Cara negosiasi - Negosiasi atau yang sering di sebut dengan proses tawar menawar yang dilakukan sebelum terjadi kesepakatan antara dua pihak sering terjadi di kehidupan sehari-hari. Negosiasi tidak hanya terjadi di lingkungan umum seperti jual beli, tetapi negosiasi juga terjadi di lingkungan bisnis.

cara-negosiasi

Suatu perusahaan harus mampu melakukan negosiasi yang baik dan benar, guna untuk meningkatkan kas di perusahaan serta untuk mengembangkan perusahaan tersebut.

Negosiasi sangat membutuhkan komunikasi yang baik agar mendapatkan keuntungan atas kesepakatan yang telah di buat oleh dua belah pihak atau lebih.

Berikut ini beberapa cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk dapat bernegosiasi dengan baik dan benar antara lain:

Komunikasi yang impresif

Saat Anda melakukan proses negosiasi Anda harus berkomunikasi dengan baik. Ketika Anda mampu untuk berkomunikasi yang baik, Anda juga harus mampu memberikan kesan yang baik kepada klien agar ketika dia membutuhkan produk berupa barang maupun jasa, klien tersebut akan menggunakan Anda lagi karena dia telah percaya kepada dan Anda juga memberikan kesan yang baik kepadanya.

Pelajari informasi dan tetapkan tujuan

Sebelum Anda melakukan kegiatan negosiasi dengan pihak lain, Anda harus mengumpulkan dan mempelajari informasi sebanyak-banyaknya agar dapat membantu Anda untuk membuat strategi pada saat negosiasi.

Anda juga harus membuat tujuan yang ingin Anda peroleh pada saat negosiasi, pada saat negosiasi Anda harus mengutamakan tujuan yang telah Anda buat sebelumnya jangan keluar dari jalur yang telah Anda tentukan. Keluar dari jalur boleh saja, asalkan tidak merugikan bagi Anda dan perusahaan.

Pahami karakter klien Anda

Setiap manusia tentunya memiliki karakteristik yang berbeda-beda, begitu juga dengan klien yang akan Anda hadapi. Maka dari itu, Anda harus mengerti dan memahami karakteristik klien yang akan Ada temui pada saat melakukan negosiasi agar mempermudah Anda untuk membuat strategi demi mencapai kesepakatan.

Ketika Anda paham dengan lawan  negosiasi Anda akan lebih mudah meyakinkan lawan negosiasi dan memiliki peluang untuk meningkatkan kesempatan Anda untuk memenangkan negosiasi tersebut.

Mengetahui keinginan klien

Ketika Anda ingin bernegosiasi dengan pihak lain Anda harus mengetahui apa saja yang orang tersebut butuhkan. Anda harus mampu berkomunikasi yang baik dan memberikan penjelasan lebih detail agar si calon  klien tersebut mempercayai Anda untuk bisa memenuhi kebutuhan yang diinginkan nya.

Anda juga harus memiliki taktik dan dasar penetapan strategi tersendiri agar bisa menaikkan ego klien dan menjatuhkan logikanya. Yang akan mempermudah Anda untuk bernegosiasi. Dan akan mendapatkan keuntungan satu dengan yang lain.

Fokus pada masalah

Ketika Anda sedang melakukan proses negosiasi Anda harus fokus pada permasalahan. Anda harus mengingat dan jangan melupakan tujuan yang telah Anda tetapkan.

Tetaplah untuk fokus pada tujuan yang telah Anda buat sedari awal, jangan mudah terjerat dengan berbagai kebutuhan pada saat proses negosiasi.

Berikan informasi secara lengkap dan sampaikan keunggulan produ

Anda harus memberitahu kepada klien mengenai informasi yang Anda tawarkan. Tentunya, Anda juga harus menyampaikan kepada klien keunggulan produk Anda ketimbang produk orang lain. Dengan begitu klien akan mempercayai Anda bahwa produk yang Anda tawarkan memiliki kualitas dan akan mempercepat proses negosiasi yang Anda lakukan.

6-cara-negosiasi-yang-baik

Cara negosiasi menjadi poin penting yang utama dalam menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan lain. Ketika Anda mampu untuk bernegosiasi dengan menggunakan komunikasi yang baik, maka besar peluang bisnis Anda mengalami perkembangan yang siginifikan.