5 Prinsip Menabung Sederhana - Expertise.id
5 Prinsip Menabung Sederhana

27 April 2020   pengembangan diri

5 Prinsip Menabung Sederhana

Prinsip menabung – Bagi kebanyakan orang menganggap jika menabung itu sangat sulit untuk di lakukan, baik tua maupun muda. Karena banyaknya tuntutan dan godaan yang sering di alami di hidupnya. Sehingga mengeluarkan uang dengan begitu saja dan akhirnya menyesal karena telah mengeluarkan uang yang sebenarnya bisa untuk ditabungnya, kemudian melakukannya lagi di esok hari dan akhirnya menyesal kembali.

prinsip-menabung

Untuk itu kamu harus pandai dalam mengatur keuanganmu. Kamu harus tau mana kebutuhan yang mendesak dan mana kebutuhan yang hanya diinginkan oleh nafsu semata. Kamu harus pintar dalam mengatur keuanganmu sendiri, kamu juga harus tau apa yang akan kamu lakukan dan apa saja yang tidak boleh untuk dilakukan. Jadi disini kamu lah pengendali atas dirimu sendiri.

Prinsip pengelola uang yang tepat sangat kamu butuhkan, agar keuanganmu dapat di atur dengan baik dan keadaan finansialmu berjalan dengan sangat baik.

Nah, disini kita akan ngebahas prinsip-prinsip menabung yang dapat dilakukan dengan sangat sederhana, agar target yang kamu inginkan dapat tercapai dengan mudah, berikut ini adalah cara menabung sederhana yang dapat kamu lakukan, antara lain:

1. Niat, disiplin dan konsisten

Hal utama yang wajib kamu tanamkan adalah niat. Niatkan di dalam dirimu bahwa kamu akan bersungguh-sungguh untuk menabung. Kamu juga harus menabung secara rutin, disiplin dan konsisten jangan hanya bersemangat di awal saja. Agar target yang kamu inginkan mudah dan cepat tercapai.

5-prinsip-menabung-sederhana

2. Menabung di awal bulan

Menabung lah di awal bulan, jangan tunggu ada uang sisa di akhir bulan barulah kamu tabungkan. Jika prinsip yang seperti itu kamu tanamkan, percayalah menabung dan target-target yang telah kamu buat akan sulit akan kamu capai.

Menabung di awal bulan merupakan tindakan yang paling tepat untuk kamu lakukan. Karena percuma saja kalau penghasilan kamu besar tetapi tidak bisa untuk dtabung. Kamu hanya akan capek berkerja tanpa ada hasil yang akan terlihat.

3. Sisihkan 20?ri gaji

Kamu perlu menyisihkan 20?ri penghasilan yang kamu dapatkan untuk di tabung, lakukan hal ini disetiap bulan jangan hanya bersemangat dibulan-bulan pertama saja.

Jika kamu merasa masih sangat berat untuk menyisihkan 20?ri gaji yang kamu dapatkan, kamu bisa menurunkan atau menguranginya. Yang penting kamu harus bisa menyesuaikan penghasilan dan pengeluaran mendesak yang kamu butuhkan.

4. Menabung ditempat yang tepat

Artinya jangan sampai kamu menabung ditempat yang salah, lebih parahnya lagi jangan sampai kamu menabung di investasi bodong yang hanya akan merugikan kamu. Percuma saja dong kamu sudah menabung selama beberapa lamanya dan ternyata kamu menabung ditempat yang salah.

Maka dari itu, kamu harus mencari informasi terlebih dahulu sampai benar-benar kamu memutuskan untuk menabung dimana. Perhatikan juga keuntungan dan kerugian jika kamu menabung di media tersebut.

5. Sesuaikan gaya hidup

Kamu harus tau dan harus jelas kemana jalan hidupmu. Sesuaikan penghasilan dengan gaya hidupmu, jangan terlalu hidup dengan gaya yang mewah. Dan juga jangan terlalu mengikuti zaman atau kemauanmu karena itu hanya akan membuatmu repot serta kewalahan saja.

Kamu harus tau benar apa yang benar-benar menjadi kebutuhan mendesakmu dan jangan terlalu boros untuk menghabiskan uang yang kamu miliki.

Menabung adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh siapa saja, baik tua maupun muda, yang akan berdampak di kehidupan masa depan kamu nantinya, karena kehidupanmu tidak akan berhenti dihari ini saja.  Maka dari itu, kamu bisa menerapkan prinsip menabung diatas. Semoga membantu :)