6 Cara Menjadi Pemimpin Yang Baik Dan Disukai Bawahan - Expertise.id
6 Cara Menjadi Pemimpin Yang Baik Dan Disukai Bawahan

05 Maret 2020   pengembangan diri

6 Cara Menjadi Pemimpin Yang Baik Dan Disukai Bawahan

Menjadi pemimpin yang baik – Menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah. Seorang pemimpin harus mampu bertanggung jawab dan mampu menjadi contoh dan panutan yang baik bagi bawahannya.

6-cara-menjadi-pemimpin-yang-baik-dan-disukai-bawahan

Menjadi seorang pemimpin sangat membutuhkan kerja keras dan dedikasi yang tinggi. Menjadi pemimpin yang baik juga memerlukan waktu perjalanan yang panjang dan tidak sebentar. Karena menjadi seorang pemimpin bukan lah bakat yang ada sejak lahir, melainkan harus ada kerja keras dan semangat untuk maju.

Salah satu sifat yang harus di miliki seorang pemimpin adalah mampu belajar dari kesalahan. Belajar dari kesalahan dan pengalaman adalah cara terbaik untuk menjadi pemimpin yang baik.

Agar bisa menjadi pemimpin yang baik Anda bisa mencoba beberapa cara tersebut, antara lain:

Mampu menjadi contoh bagi bawahannya

Seorang pemimpin yang baik harus mampu menjadi contoh disiplin bagi bawahannya. Datang tepat waktu, menjaga kebersihan lingkungan dan diri, serta berpenampilan yang rapi dan tidak terlalu berlebihan.

Karena seorang pemimpin merupakan cerminan bagi bawahan. Bagaimana sikap pemimpin akan menentukan bagaimana sikap bawahan kepada Anda. Maka dari itu, Anda sebagai pemimpin harus bisa dan mampu menjadi cerminan yang baik.

Saat Anda bisa menjadi contoh yang baik bagi bawahan maka Anda mampu menjadi pemimpin yang baik dan berwibawa serta di segani oleh bawahan Anda.

Pandai mengontrol emosi

Pemimpin yang baik harus mampu mengatur, mengontrol atau mengendalikan emosi yang di rasakan. Jangan sampai rasa emosional yang Anda rasakan menjadi boomerang bagi diri Anda sendiri.                                                                                                                                  

Memelihara hubungan yang baik dengan bawahan

Seorang pemimpin harus mampu menciptakan dan menjaga agar hubungan tetap baik, serta mampu mengayomi bawahannya agar mendapatkan situasi kerja yang kondusif seperti apa yang diinginkan.

 Anda harus mengetahui situasi dan kondisi lingkungan di perusahaan, yang akan mempermudah Anda untuk berbaur dengan bawahan Anda agar mendapatkan karyawan yang memiliki loyalitas dan semangat kerja yang tinggi.

menjadi-pemimpin-yang-baik

Memiliki pengetahuan yang luas

Pemimpin yang baik harus memiliki wawasan yang luas dan akan terus belajar hal baru yang akan membuat pengetahuannya semakin bertambah.

Anda bisa membaca buku-buku yang mampu menambah pengetahuan dan Anda juga bisa mengikuti seminar-seminar untuk semakin menambah wawasan. Semakin besar pengetahuan yang Anda miliki semakin mudah untuk Anda menjadi seorang pemimpin yang baik.

Berani mengakui kesalahan

Pemimpin juga seorang manusia yang tak pernah luput dari kesalahan. Berani untuk mengakui kesalahan adalah salah satu sikap pemimpin yang baik. Tapi, kebanyakan pemimpin gengsi untuk mengakui kesalahannya.

Berani mengakui kesalahan akan membuat Anda lebih dihargai dan menghormati Anda sebagai pemimpin yang hebat. Jika Anda sebagai pemimpin tidak berani mengakui kesalahan maka hal tersebut bisa menjadi boomerang bagi diri Anda sendiri.

Memberikan apresiasi atau rewards

Memberikan apresiasi atau rewards kepada bawahan yang berprestasi sangat perlu untuk di lakukan. Selain menghargai usaha dan kerja keras dari bawahan, memberikan apresiasi juga dapat meningkatkan kinerja karyawan lain untuk berlomba-lomba menjadi yang terbaik.

Memberikan apresiasi juga dapat di lakukan dengan menggunakan kata-kata pujian yang mampu membuat kinerja para karyawan semakin meningkat.

Ketika Anda mampu menjadi pemimpin yang ideal berarti Anda termasuk kedalam pemimpin yang baik. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang disukai oleh bawahannya dan kepemimpinannya dapat menjadi contoh bagi bawahnnya. Untuk itu Anda bisa mencoba beberapa cara di atas agar dapat menjadi pemimpin yang baik.