6 Cara Jitu Mengendalikan Emosi Diri - Expertise.id
6 Cara Jitu Mengendalikan Emosi Diri

03 Maret 2020   pengembangan diri

6 Cara Jitu Mengendalikan Emosi Diri

Mengendalikan emosi diri – emosi secara berlebihan yang Anda rasakan akan sangat mempengaruhi tindakan yang Anda lakukan selanjutnya.

6-cara-jitu-mengendalikan-diri

Anda harus mampu menahan emosi yang sedang Anda rasakan, agar tidak mengakibatkan kerugian bagi diri Anda untuk kedepannya.

Emosi di bedakan menjadi dua yaitu emosi positif dan emosi negatif. Ketika Anda mengalami emosi positif sangat lah baik bagi Anda karena pada saat itu perasaan Anda akan bahagia dan perkerjaan yang Anda kerjakan akan terasa lebih ringan.

Sebaliknya jika Anda sedang mengalami emosi negatif secara berlebihan maka Anda akan sulit untuk mengendalikan diri Anda sendiri. Maka dari itu, Anda harus tau dan pandai mengendalikan emosi agar tidak membuat masalah yang Anda alami semakin rumit.

Untuk mengendalikan emosi tersebut, Anda dapat melakukan beberapa cara tersebut untuk mengendalikan emosi yang Anda rasakan, cara tersebut antara lain:

Buang pikiran buruk

Saat Anda sedang mengalami suatu masalah pastinya otak Anda akan memikirkan bagaimana cara terbaik untuk Anda keluar dari masalah tersebut. Maka jauhkan lah pemikiran Anda dari hal-hal buruk yang hanya akan memperumit masalah yang sedang Anda hadapi.

Mengendalikan emosi bisa dilakukan dengan cara membuang dan menjauhkan pikiran buruk yang menghantui pikiran Anda. Berusahalah untuk tidak memikirkan hal buruk agar tidak menimbulkan reaksi negatif.

Hindari langsung meluapkan reaksi negatif

Ketika Anda merasakan emosi besar yang sulit untuk dibendung, hindari lah untuk tidak berteriak, menjerit, memaki, berkata kasar, menangis dan bahkan kebanyakan orang sampai menghancurkan benda-benda yang ada disekitarnya.

 Ketika Anda melakukan hal tersebut emosi yang Anda rasakan tidak akan hilang malah akan semakin bertambah. Maka dari itu, sebaiknya pikirkan dengan matang apa yang akan Anda lakukan agar tidak menyesal di kemudian hari.

mengendalikan-emosi-diri

Menenangkan diri

Ketika Anda sedang merasa emosi, usahakan tetap tenang agar Anda juga akan berpikir secara logis yang mampu mengatasi serta mencari jalan keluar atas masalah yang Anda alami.

Anda dapat memejamkan mata, menghela nafas panjang secara teratur untuk menenangkan diri sembari memikirkan hal-hal positif yang mampu mengendalikan emosi yang Anda rasakan.

Memaafkan dan melupakan

Setiap orang sering kali mengingat serta mengungkit-ungkit kejadian yang telah berlalu sehingga menyebabkan emosi Anda meluap kembali. Maka dari itu mulai sekarang cobalah untuk memaafkan dan melupakan masalah-masalah yang hanya akan menimbulkan benci dan dendam kepada sesama.

Anda harus mampu mengendalikan emosi yang akan membuat kebencian serta penyakit hati. Cobalah untuk memikirkan hal penting yang mampu membawa dampak positif di kehidupan Anda.

Olahraga

Dengan berolahraga Anda mampu mengatasi emosi yang sedang Anda rasakan. Apa pun jenis olahraga yang Anda lakukan tersebut. Karena olahraga dapat melenturkan syaraf Anda yang menguras energi secara positif dan mampu menghilangkan energi negatif sehingga dapat mengendalikan emosi negatif yang Anda rasakan.

Berlapang dada

Ketika Anda sedang berada di suatu masalah yang membuat Anda merasa emosi, cobalah untuk menenangkan diri Anda dan coba untuk menerima keadaan atau masalah tersebut.

Mencoba berlapang dada dan menerima semua keadaan yang Anda alami akan mampu membuat Anda segera bangkit dari rasa emosi yang melupakannya. Dengan Anda berlapang dada juga akan mampu membuat emosi Anda terkendali sebesar atau sesulit apa pun rasanya.

Maka dari itu, Anda harus mampu mengendalikan emosi diri yang sedang Anda rasakan. Anda dapat melakukan beberapa cara di atas untuk mengendalikan emosi. Mengendalikan emosi diri dilakukan dengan cara yang sederhana dan dapat dilatih agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak Anda inginkan di kemudian hari.