6 Cara Ampuh Minta Naik Gaji Pada Atasan - Expertise.id
6 Cara Ampuh Minta Naik Gaji Pada Atasan

04 April 2020   pengembangan diri

6 Cara Ampuh Minta Naik Gaji Pada Atasan

Cara minta naik gaji – Ketika beban kebutuhan Anda semakin meningkat dan pekerjaan yang Anda kerjakan semakin berat, tidak ada salahnya jika Anda meminta gaji yang lebih tetapi dengan cara yang dan sesuai  dengan beban pekerjaan yang Anda kerjakan.

6-cara-ampuh-minta-naik-gaji-pada-atasan

Saat Anda sedang berbicara kepada atasan meminta naik gaji, berbicaralah dengan nada yang pelan tetapi tetap tegas. Anda juga dapat menggunakan gestur tubuh jika di perlukan dan berbicara lah dengan jelas.

Saat Anda ingin bernegosiasi untuk kenaikan gaji, pastinya tidak dengan asal-asalan dan harus memiliki strategi yang tepat agar permintaan Anda dapat diterima dengan baik. Untuk itu, Anda perlu menyiapkan dan memperhatikan beberapa langkah berikut ini yang mampu membantu Anda untuk berbicara tentang kenaikan gaji pada atasan, cara tersebut adalah:

Persiapan

Persiapan sangat penting Anda lakukan ketika Anda akan berbicara kepada atasan mengenai kenaikan gaji yang akan Anda ajukan. Anda harus menunjukkan peforma serta pencapaian yang telah Anda lakukan bagi kebaikan yang memajukan perusahaan. Anda juga harus memiliki alasan penguat mengapa perusahaan dapat menaikkan gaji Anda.

Anda juga harus melakukan persiapan apa yang akan Anda bicarakan, bahasa yang Anda gunakan harus baik agar permintaan Anda dapat di setujui. Serta Anda juga harus memperhitungkan seberapa banyak kenaikan yang akan Anda terima sesuai dengan seberapa berharga dan beruntungnya Anda bagi perusahaan.

cara-minta-naik-gaji

Lakukan secara langsung

Berbicara secara langsung dengan atasan mengenai kenaikan gaji sangat sulit untuk dilakukan. Rasa canggung, ragu, tidak berani pasti bercampur aduk menjadi satu. Tetapi, jika Anda tidak berbicara secara langsung dengan atasan mengenai hal tersebut, pastinya permintaan Anda tidak akan diterima. Maka dari itu, alangkah baiknya jika Anda berbicara 4 mata secara langsung dengan atasan.

Tunjukkan kualitas diri Anda

Anda dapat menunjukkan kualitas yang Anda miliki serta menunjukkan dan menampilkan hasil atau target kerja yang telah Anda capai. Hal itu dapat menjadi bukti hasil pencapaian yang telah Anda kerjakan yang dapat memberikan keuntungan dan memajukann perusahaan. Juga sebagai bukti bahwa Anda sangat berfungsi bagi perusahaan dan dapat berkontribusi dengan baik.

Jangan gunakan rekan sebagai tolak ukur

Anda mungkin  menyadari bahwa rekan Anda dengan jabatan yang sama tetapi bisa memperoleh gaji yang lebih besar dari Anda. Saat Anda sedang bernegosiasi tentang kenaikan gaji, jangan pernah sesekali membandingkan diri Anda dengan rekan Anda, karena itu merupakan suatu hal yang fatal jika Anda lakukan.

Jangan menggertak

Tidak akan ada orang yang suka jika di ancam. Anda siap untuk meninggalkan pekerjaan tersebut jika permintaan Anda tidak di setujui. Tidak akan ada gunanya jika Anda berbicara mengenai hal itu kepada seorang atasan. Karena seorang atasan juga tidak akan membujuk Anda untuk menetap. Mereka bisa saja mencari pengganti Anda jika mereka menginginkannya.

Pilih waktu yang tepat

Ketika Anda ingin berbicara dengan atasan untuk kenaikan gaji, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah membuat janji terlebih dahulu. Jangan tiba-tiba datang keruangannya dan langsung meminta kenaikan gaji Anda.Anda juga harus mempertimbangkan permintaan Anda dengan kondisi keuangan perusahaan tersebut. Pilihlah waktu yang baik agar permintaan Anda dapat di setujui.

Merasa canggung untuk berbicara dengan atasan mengenai masalah kenaikan gaji memang wajar. Tetapi jangan lah ragu untuk meminta gaji yang lebih tinggi jika Anda memang behak untuk mendapatkannya. Anda tetap harus melakukannya dengan sopan dan memiliki alasan yang kuat untuk hal tersebut. Anda juga dapat melalukan 6 cara minta naik gaji diatas, semoga dapat membantuJ